TELKOM - GPTP Batch XII

Lanjutan postinganku yg lalu nih.. 

Jadi pas aku klik pengumuman, sayangnya aku blm rejeki untuk GPTP XI kemarin. Aku sadar sih emang kemarin kurang maksimal. Waktu ngerjain aku ga fokus dan asal asalan. Aku juga kurang belajar jadi bener-bener clueless tentang tesnya. Padahal uda browsing dan dapat bocoran kira-kira tesnya gimana. Akhirnya pun aku mencoba ikhlas aja..

Daftar GPTP Batch XII

Beberapa bulan kemudian, sekitar bulan Januari 2020 aku liat postingan di linkedin kalo GPTP XII uda buka. Eh kaget banget dong! kupikir BUMN cuma buka setaun sekali. Langsung deh aku apply. Karena aku sudah perna ngisi profil, aku tinggal pilih kerjaan yg aku ambil di website telkom.

Apply GPTP

Setelah itu tinggal tunggu aja pengumuman untuk seleksi administrasi. Alhamdulillah aku lolos lagi seleksi administrasi dan juga lolos tes online. Seperti GPTP XI aku memilih untuk psikotest di Surabaya. Kali ini aku ngga mau menyia-nyiakan kesempatanku. Aku belajar apa yang bisa aku pelajari. Aku ngga mau menyesal. Saat pagi pun tak lupa aku sarapan. Kebetulan psikotest ku yang GPTP XII ini siang hari. Jadi aku lebih santai. Selama proses tes aku tetep deg-deg an. Mulutku komat-kamit mbaca sholawat dan doa-doa yang aku hapal. Dari jam 1 siang aku baru selesai sore jam 4 / 5 an. Hanya saja kali ini di hati ku terasa lega. Aku sudah melakukan semaksimal mungkin. Tetep aja ada pikiran pesimis karna gimana ya sainganku bener-bener orang hebat. Banyak yang sudah S2 bahkan uda kerja honorer di Telkom. Tapi bismillahh aja deh..

Assesment Day

Hingga akhirnya 2/3 minggu kemudian keluarlah pengumuman. Saat itu entah kenapa aku mbuka tanpa deg-deg an kayak pasrah aja deh...

Dan hasilnya... ALHAMDULILLAH AKU LOLOS!! aku lolos ke tahap akhir yaitu wawancara. Bener-bener mbrebes mili kalo kata orang jawa. Makin kesini makin besar bebanku. Udah tahap akhir aku harus mempersiapkan banyak hal dan ternyata di tahap akhir ini ada berbagai tes yg harus kujalani.


Jadwal assesment day

Tahap akhir ini disebut assesment day. Tiap peserta dapat jadwal 2 hari yang berisikan medical checkup (MCU) dan wawancara. Saat wawancara pun juga ada tiga sesi tes. Yaitu tes bidang ,culture fit, dan wawancara. Nah sebelumnya kita juga disuruh bikin video yaitu Telkom dream challenge. 

Telkom Dream Challenge

Video ini berisikan jawaban dari pertanyaan yg diberikan telkom. Pertanyaannya ada dua yaitu "kenapa mau kerja di Telkom?" dan "Kenapa Telkom harus memilihmu?'. Video ini harus selesei sebelum jadwal assesment day ya. Jadi pas itu bener-bener deh aku pingin ini sempurna tapi kan waktunya mepet. Untungnya punya pacar pinter cinematography  dan edit video hihi. Meskipun ngga sempurna banget tapi aku puas dengan videoku. Berharap Telkom ngelihat kegigihanku dalam membuat video tersebut. Untuk jawab pertanyaannya bebas ya tapi lebih bagus pake bahasa inggris karena akan mendapat nilai lebih.

Cover video Telkom Dream Challenge

Selain mengumpulkan video, kita juga harus melengkapi profil. Jadi setelah lolos psikotest itu ada tambahan pada profil berupa ukuran pakaian dan no rekening. Terus kita juga disuruh menjawab beberapa pertanyaan seperti "apa minat mu?" dan "5 tahun ke depan apa cita-cita karir yg km harapkan?" ya semacam itu lah. Oh ya kita juga harus melengkapi dokumen seperti akta kelahiran, KTP, ijazah asli, skck, transkrip nilai, sertifikat, dan surat nikah bagi yg sudah nikah. Semuanya dalam bentuk scan ya. Jadi di telkom ngga ada penahanan surat-surat.

Profil pada website Telkom

Medical Check-up

Jadwal MCU ku pun tiba, aku hadir jam 7 di tempat yang dijadwalkan. Tes yang dilakukan seputar tes darah, urin, pendengaran, mata minus, buta warna, bb/tb, dan rontgen. Untuk tes darah dilakukan dua kali yaitu sebelum dan sesudah makan. Jadi kita diwajibkan puasa satu hari sblm jadwal MCU kita.

Wawancara

Keesokannya yaitu tes wawancara. Diawali dengan tes bidang dimana aku memilih job function telecommunication  sesuai jurusanku. Di situ tes nya berupa pertanyaan dengan diberikan bacaan seputar itu. Tesnya menggunakan bahasa indonesia tapi bacaannya pake bahasa inggris. Waktunya satu jam, untungnya pertanyaannya bertema kan hal yang uda pernah aku baca. Jadi aku ngga terlalu kaget.

Kemudian tes culture fit. Tes ini dilakukan dengan cara online. Jadi kita menjawab pertanyaan melalui hp kita. Tapi kita menjawabnya masih di dalam ruangan ya. Pertanyaannya seputar kalau kita dihadapkan dengan suatu peristiwa sikap apa yg akan kita ambil.

Yang terakhir wawancara.. wawancaranya antri bedasarkan job function  masing-masing. Jadi di dalam sudah ada orang yg expert tentang job function yang kita pilih. Nah karena wawancara ini pengalaman pertama ku. Aku mau nulis lebih luas di postinganku selanjutnya! tunggu ya..

Comments

  1. Hallo kak, maaf mau tanya. Apakah waktu april 2020 tes psikotes nya tidak online ? Hehe saya sedang mencari referensi untuk tes psikotes online gptp kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts