Minder karna background pendidikan atau keluarga yg biasa aja? jangan dulu!

Temen-temen punya cita-cita ngga sih? harus punya dong ya. Terus sempat ngga ragu untuk punya cita-cita tersebut karena merasa kita ini ngga mampu dikarenakan background kita yang biasa-biasa saja? jangan ya.. tapi meski gitu aku tau beberapa org ada yang merasa gundah akan cita-citanya.

Kita hidup di lingkungan yang lumrah akan stigma. Beberapa di antaranya ialah..
"Anak sekolah negeri lebih pintar dari anak sekolah swasta"
 "Anak yang orang tua tidak mampu ngga akan bisa sukses"
Dan masih banyak lagi..

Kesuksesan atau tergapainya cita-cita itu tergantung dari kerja keras kita dan bagaimana kita memanfaatkan peluang. Memang benar beberapa orang dengan background bagus menunjang mereka untuk lebih cepat sukses. Tapi bukan brarti kita yang biasa aja ngga akan bisa sukses. Di sini bedasarkan pengalamanku ya. Aku dari keluarga biasa-biasa aja dan kuliah di univ swasta. Beberapa orang bener-bener nyepelekan aku. Meski kalimatnya seakan memberi nasihat tapi aku tau kalau terselip hinaan di situ. 

Contohnya saja seperti ini "yang pinter kamu tu, univ swasta kalo di kerjaan itu cuma dibolak-balik di buang lamarannya. Ipk tinggi kalo swasta ga dianggep, apalgi yg jelek. Makanya km harus tinggi. Ya moga-moga aja km bejo ya. Makanya masuk negeri.. blaa..blaa"

Ya untungnya saya orangnya santuy ya dan emang saya dari awal percaya diri kalau univ atau apapun itu ga mempengaruhi kesuksesan orang. Tergantung orangnya aja. Cuma apa semua orang seperti aku yg masa bodo? Karena yang aku tau beberapa orang justru akhirnya mem-branding dirinya rendah karena dengar ucapan seperti itu. Beberapa orang akhirnya ngga berani punya cita-cita karena banyak yang bilang itu ngga mungkin untuk mereka capai.

Asal  teman-teman tau ya dalam proses rekrutmen, perkara univ swasta atau negeri itu hanya diseleksi saat seleksi administrasi. Saya sudah mencoba apply di pertamina, BI, telkom, dan perusahaan besar lainnya alhamdulillah selalu lolos seleksi administrasi. Untuk selanjutnya ialah tes online. Di situ udah bukan peran kampus kita tapi gimana kita mengembangkan diri. Kalau kita ngga lolos bukan salah univ swasta kita tapi salah kita ngga belajar. Ngga bisa belajar karena orang tua kita ngga mampu jadi ngga bisa beli buku? pengalamanku kemarin aku pinjam buku tes cpns dan skd gitu dari perpus kota malang. Gratis kok cuma kembali lagi ke niat kita emang serius mau berkembang atau engga. 

Selain itu jalan kesuksesan orang juga macam-macam. Kita bercita-cita jadi orang sukses, mau sukses gimana? mau jadi pengusaha sukses? Justru ini lebih mudah. Ngga butuh tuh background apapun yang muluk-muluk. Asalkan kita niat kita bisa jadi pengusaha sukses. Terlebih banyaknya market place online yang mudah diakses pada jaman sekarang.

Jadi jangan pernah takut atau minder dengan cita-cita. Kita semua harus punya mimpi. Apalagi kalau ada yang meremehkan kita. Dunia itu berputar. Oh ya garis waktu orang-orang itu beda ya. Kalau teman kita mencapai mimpinya lebih dulu bukan brarti kita gagal. Tuhan lebih tau kesiapan hambaNya. Lalu ingat juga, kalau kita emang berhasil mencapai cita-cita kita, kita harus ajak orang sekitar kita untuk sukses juga. Sebarkan aura positif! Jangan ulangi perbuatan buruk orang-orang yg dulu meremehkan kita. Semoga saya dan semua yang baca artikel ini bisa mencapai cita-cita dan menjadi orang sukses bedasarkan versi kita, Aamiin👏


Comments

Popular Posts