Mau karir cemerlang atau gaji besar?

Berhubung aku barusan lulus nih, jadi mulai menata masa depan gimana baiknya. Sebenarnya telat sih ya, harusnya dari dulu-dulu hihi. Ya sebenarnya uda dari dulu mempersiapkan tapi kadang realita tak semanis ekspektasi jadi mulai menata ulang.

Pada dasarnya semua orang ingin sukses, cuma tingkat suksesnya ini yang beda-beda. Untuk pribadi aku sendiri sih pingin jadi orang yang benar-benar kaya sehingga ngga mikir lagi tuh taun depan mau makan apa. Pingin kaya sampai kalau beli barang gausa liat price tag-nya. Pingin kaya supaya bisa umroh sm keluarga tiap taun. Pingin kaya supaya kelak kalau punya anak bisa ngasi jalur pendidikan yang terbaik. Aamiin..

Namun, supaya jadi kaya ini gimana caranya? jawabannya tentu aja kerja. Cuma mau kerja yang gimana? kerja yang ngehasilin duit gede doang atau kerjaan yang ngasi jalur karir yang bagus? Temen-temen sadar ngga kenapa banyak orang berlomba-lomba ingin kerja sebagai PNS atau kerja di BUMN? Karena selain butuh duit beberapa orang butuh value pada bidang pekerjaannya.

Dulu aku selalu mikir ngapain sih nih orang-orang ngejar gengsi pada kerja jadi PNS toh gajinya ya gitu-gitu aja. Sedangkan di sekitarku saat itu tukang parkir pun penghasilannya bisa lebih besar. Terus sering juga ada pertanyaan. Pilih gaji besar tapi karir stuck atau gaji standart tapi karir cemerlang. Aku bingung, sebenarnya apa yang dimaksud karir cemerlang itu? bukannya karir bagus kalau gajinya besar ya..

Akhirnya kini aku paham. Ini menurut pemahamanku ya, belum tentu benar dan tidak bisa diterapkan ke semua orang/semua situasi. Memang benar aku ingin sukses bergaji besar, tapi aku ingin juga tiap tahun aku bekerja aku mendapatkan pelajaran baru. Aku ingin berkembang. Selain itu aku juga ingin sekuritas. Keamanan karir di perusahaan yang stabil sehingga tidak perlu takut tiba-tiba di-PHK. Beberapa perusaaan besar yang uda stabil baik BUMN maupun swasta multinasional, mereka menganggap karyawan adalah aset. Sehingga mereka selalu mengembangkan potensi karyawannya dengan mengadakan pelatihan, studi banding ke luar negeri, hingga melanjutkan belajar S2 sampai S3. 

Kita ngga akan stuck ngetik-ngetik doang atau sekedar berangkat pagi pulang sore sampai pensiun. Kita juga mendapat lingkungan kerja yang nyaman. Bukan lingkungan kerja yang bikin kita tertekan. Jangan sampai kita selalu sedih di hari senin karena harus bekerja.

Mungkin alasan-alasan di atas yang bikin orang ingin kerja di BUMN atau perusahaan multinasional. Makanya banyak orang juga yang uda punya kerjaan gaji lumayan lebih milih resign dan ikut rekrutmen di BUMN meski harus mulai dari awal dengan gaji standart. Tapi tetep ya kita sebagai lulusan baru kalau mulai awal jangan pilih-pilih kerja juga. Masih muda kerjain dulu apa yang ada, selain menambah pengalaman juga menambah pemasukan hehe. Cuma jangan terlalu terlena, tetep pikirin kira-kira mau gimana. Mau kerja dengan gaji besar doang atau kerja dengan karir cemerlang yg tentu aja kelak gajinya bisa besar? temen-temen mau pilih yg mana nih☺





Oh ya, tulisan di atas bedasarkan pemikiranku dan pilihan ku aja ya tapi ngga menganggap pilihan lain lebih buruk juga. Apabila ada salah kata mohon koreksi. Aku ngga ada niatan menjelekkan atau menganggap buruk pekerjaan tertentu. Semuanya baik terserah pilihan kita yang mana dan lebih nyaman yang mana. Trims

Comments

Popular Posts