Macam - macam penyebab patah hati

Apa sih patah hati itu?  Perasaan sesak di dada yang membuat semangat hidup menghilang, itulah definisi patah hati buatku. Patah hati ini disebabkan oleh macam-macam hal. Tergantung pada fase hidup mana sekarang kita berada.

Kalau masih kecil dulu, penyebab patah hati utama ku adalah ketika dimarain orang tua karena ga boleh main hahaha. Dulu tuh sebel dan bener-bener ganjel di hati gitu. Pingin main tapi ngga dibolehin. Beneran ngambek lama banget dah aku dulu. Terus ketika nilai kita lebih rendah dari saingan kita, atau sekedar kita lagi belajar masak terus ngga dipuji orang tua itu dulu cukup bikin aku patah hati. Remeh ya? ya namanya juga kita masih anak-anak.

Pas sudah agak remaja dikit, mulai tuh kenal lawan jenis. Mulai suka-sukaan. Nah kalau ini situasi yang sering menggunakan kata patah hati, yaitu ketika suka orang tapi ngga disukain balik hahaha. Dulu awal puber, pernah juga aku merasakan patah hati perkara cinta monyet. Tapi namanya cinta monyet ya sebenarnya rasa patah hatinya hampir sama kayak waktu kecil ngga dibolehin main. Cepet banget recovery-nya. 

Terus makin bertambahnya umur, kita mulai jarang merasakan patah hati terhadap hal remeh, Mungkin kalau dibandingkan ketika masih kecil atau remaja, frekuensi patah hatinya berkurang tapi beban patah hatinya justru bertambah. Proses recovery-nya pun lebih lama. Karena ketika sudah pada fase ini, kita mulai mengenal rasanya dikhianati, ketika ekspektasi tidak sesuai realita, atau ketika orang terdekat justru menjatuhkan kita. Dimana aku sendiri sedang pada fase ini.

Penyebab patah hati bukan hanya perkara cinta kita ditolak atau pasangan kita yang tiba-tiba berubah, namun lebih luas. Banyak hal yang bisa bikin patah hati. Jadi jika kamu gagal mencapai cita-cita mu terus ada perasaan sesak di dada, iya itu patah hati. Atau ketika sahabat dekat menjatuhkanmu di depan atasanmu dan tiba-tiba kamu merasa dunia runtuh, iya itu patah hati. Oleh karena itu sama halnya dengan patah hati yang disebabkan oleh pasangan, kita butuh move on

Move on dari sahabat yang menghianati kamu, move on dari kegagalanmu, dan move on dari orang-orang yang tidak mendukungmu. Semua memang tidak mudah dan waktu yang dibutuhkan tidak menentu. Tapi buatlah progress! setidaknya satu langkah kita untuk bergerak maju merupakan pencapaian dalam hal bangkit dari patah hati yang kita rasakan. Jujur, saat inipun aku sedang patah hati karena apa yang aku harapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Tapi aku sedang berusaha untuk mengatur ulang mimpi-mimpiku. Semoga teman-teman yang sedang membaca ini dan kebetulan sedang patah hati juga bisa segera bangkit dan menemukan semangat baru❤

Comments

Popular Posts