Dahulukan kewajiban, baru menuntut hak!

Namanya manusia emang maunya enaknya doang ya. Tanpa terkecuali pun aku sendiri. Mengatasnamakan hak sebagai anak, hak sebagai murid, atau hak sebagai karyawan kita menuntut orang lain untuk memberikan kenyamanan terhadap kita. Kita minta ini itu emangnya kewajiban kita sudah kita laksanakan?

Apa kita sudah menghormati orang tua? kok kita minta orang tua menuruti segala permintaan kita. apa kita sudah jadi murid yang baik? kok menuntut dosen untuk menghargai pendapat dan keinginan kita. Memang untuk beberapa kasus ada beberapa kejadian yang ngga sesuai ya, tapi di sini aku ngomong di situasi ideal tanpa kasus tertentu.

Sebagai manusia, kita emang terlahir dengan hak asasi manusia. Namun ada kewajiban-kewajiban yang harus kita penuhi tergantung pada peran kita. Hal ini yang masih banyak orang blm menerapkan. Mencari-cari orang baik tapi lupa jadi orang baik. Padahal cara semester bekerja itu, ketika kita duluan bersikap baik menjalankan kewajiban kita, maka secara alamiah hak-hak kita akan kita dapatkan. 

Hanya saja di sini lebih ditekankan urusi diri sendiri dulu ya. Sering banget aku tau orang nyuruh orang lain ngelaksanain kewajiban padahal dia sendiri juga blm ngelaksanain kewajibannya. Mungkin bingung ya? aku kasih contoh nih..

Sekarang kan lagi banyak bencana nasional, beberapa orang ada yang membutuhkan bantuan. Baiknya sesama manusia kita menolong kepada orang yang lebih tidak beruntung daripada kita. Ini kewajiban bagi kita semua sebenarnya. Tapi sayangnya, kebanyakan masih pada ngomentarin orang kaya. Nyuruh mereka untuk menyumbang. Lah kan kita ngga tau mereka uda ngasi sumbangan atau tidak. Selain itu daripada nyinyirin orang lain kok ngga dimulai dari diri sendiri dulu untuk membantu orang lain?

Menuntut hak emang boleh tapi pastikan kita sudah memenuhi kewajiban kita. Kewajiban diri sendiri yang harus diperhatikan, tidak perlu mencampuri urusan orang lain. Kalaupun berniat menasehati atau mengingatkan maka lakukanlah secara pribadi ke orang tersebut. Dengan syarat kita emang dekat dengan mereka. Semoga kita termasuk golongan orang menjalankan kewajiban kita dan tidak menyalahi hak orang lain ya teman-teman☺

Comments

  1. Dear mbak fahira, terkadang itu ada loh orang yang sangat menjunjung tinggi kewajiban sampe hak2 yg harusnya dia dapet malah terbuang sia-sia.
    Gemes liatnya, pengen dibelain tapi orangnya fine2 aja dengan itu wkwkwk
    Bingung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu kembali ke poin "kita lihat dan atur kewajiban kita sendiri dulu ya". Jadi fokus ke diri aja, jgn urusin org dulu apalagi kl org tersebut santuy aja. Kecuali ada org lain yg menyalahi hak kita baru deh kita gemes

      Delete

Post a Comment

Popular Posts